Home Lifestyle Wujud Kontribusi Terhadap Kemajuan Intelektualitas Generasi Muda, Bekraf Habibie Festival 2018 Resmi Dibuka

Wujud Kontribusi Terhadap Kemajuan Intelektualitas Generasi Muda, Bekraf Habibie Festival 2018 Resmi Dibuka

written by Admin September 20, 2018
Wujud Kontribusi Terhadap Kemajuan Intelektualitas Generasi Muda, Bekraf Habibie Festival 2018 Resmi Dibuka

Bekraf Habibie Festival resmi digelar kembali dengan lebih banyak hal yang dapat dibagikan kepada generasi muda. Bertempat di Panggung Utama Hall D2 Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Bekraf Habibie Festival 2018, hari ini (20/9) resmi dibuka. Pembukaan festival inovasi dan teknologi terbesar di Indonesia itu dilakukan oleh Sachin V. Gopalan, Co Founder & CEO Bekraf Habibie Festival, PT Orbit Ventura Indonesia, yang didampingi Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf.

Dalam kesempatan itu diputar juga sebuah video berisi pesan dari ikon Bekraf Habibie Festival 2018, Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, yang isinya “Kemajuan bangsa Indonesia ditentukan oleh sumber daya manusia bangsa ini. Oleh karena itu kita harus bisa menghasillkan produk yang berguna, bermanfaat, dan terjangkau oleh masyarakat. Kuncinya adalah penguasaan informasi.”

Beliau berharap lewat festival ini terjadi perputaran informasi demi pengembangan produk-produk inovasi karya bangsa

Habibie Festival merupakan perayaan peran dan kontribusi Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie) sebagai sosok figur nasional, bapak bangsa, mentor komunitas, dan ikon ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia. Festival ini juga menjadi wadah bagi industri IPTEK untuk memperkenalkan produk-produk inovatif mereka kepada masyarakat luas.

Penyelenggaraan Habibie Festival pertama berlangsung 4 (empat) hari di Museum Nasional, Jakarta, mampu menyerap kunjungan hingga lebih dari 56.000 orang. Di penyelenggaraan keduanya yang berlangsung 7 (tujuh) hari di Jakarta International Expo Kemayoran, tercatat lebih dari 70.000 orang hadir. Tahun ini Bekraf Habibie Festival akan membawa beragam tema dan aktivitas yang aktual dengan perkembangan IPTEK di Indonesia dalam tajuk ‘Lihat, Sentuh, dan Rasakan Teknologi dan Inovasi Terbaru’ (Look, Touch, and Feel the Latest Technology and Innovation).

Zona-zona yang akan ditampilkan antara lain Bazaar Inovasi, Makerland, Fin Tech 2.0, A to B the Future of Transportation, Sport Land, Infusion, M2 the Future of Living, Food Fest, dan lain-lain. Keseluruhan zona akan diaplikasi dalam sejumlah acara harian dalam aneka bentuk dalam kemasan edukatif dan tentunya menghibur.

“Kita perlu menurunkan penghalang teknologi sehingga orang tidak takut untuk belajar tentang teknologi dan inovasi. Sudah terbukti masyarakat Indonesia itu tidak gaptek, bahkan fasih menggunakan teknologi sehingga haus akan informasi yang terkait IPTEK. Tujuan kami adalah menjadikan teknologi sebagai bagian dari budaya. Kami ingin mengubah Indonesia dari negara yang konsumtif menjadi negara yang produktif terhadap teknologi,” tutur Sachin V. Gopalan, Co Founder & CEO Bekraf Habibie Festival, PT Orbit Ventura Indonesia.

Pernyataan Ilham diamini Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf . “Bekraf sudah berkomitmen mendorong festival ini agar menjadi semakin baik.”

Ia melihat festival akan membawa efek lanjutan, terlebih melihat kesuksesan Asian Games lalu.

“Dalam festival ini Bekraf ingin menggabungkan sisi seni dengan teknologi dan inovasi. Apalagi slogan festival ini ‘Look, Feel, and Touch Technology and Innovation’. Jadi beyond technology.” ungkapnya.

Ia berharap acara bersifat menghibur, tidak dingin, sehingga kemasannya harus benar-benar dibuat menarik.

“Kami ingin kemampuan teknologi inovasi dimaksimalkan. Hal ini akan menjadi catatan Bekraf untuk penyelenggaraan Bekraf Habibie Festival di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Selain Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), lebih dari 250 mitra akan mendukung Bekraf Habibie Festival tahun ini, hampir dua kali lipat tahun lalu. Mereka adalah inovator Indonesia yang bekerja keras mengubah kualitas hidup masyarakat, di antaranya Bank Mandiri, Kalebr, Intel, Telkomsel, PT Dirgantara Indonesia, Regio Aviasi Industri, PINDAD, PT PAL, Sritex, Extramarks, Pollux Properties, TVS, dan masih banyak lagi.

Beberapa institusi seperti CATEC, PT Hyve Digi Indonesia, Yayasan Inotek, Yayasan Ciputra, Yayasan Mien Uno, dan lain-lain juga hadir berkontribusi. Lebih dari 100 komunitas turut berpartisipasi dalam kegiatan. Festival tahun ini diproyeksikan mampu menyedot atensi masyarakat untuk datang dan menjadi saksi atas beragam pencapaian IPTEK dan inovasi di Indonesia. Ditargetkan jumlah pengunjung yang hadir dalam festival ini sebanyak 100.000 orang.

Tahun ini Bekraf Habibie Festival juga akan meluncurkan Berkarya! Akademi untuk mewadahi pekerjaan dan keterampilan di masa depan sebagai persiapan revolusi industri yang keempat. Lebih dari 20 mitra kurikulum akan mengadakan lebih dari 80 sesi pelatihan bagi 4.000 orang yang ingin menjadi bagian dari angkatan kerja masa depan Indonesia.

Bekraf Habibie Festival 2018 akan berlangsung pada 20-23 September 2018, mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB. Festival ini diadakan secara gratis untuk seluruh kelompok masyarakat, mulai dari pelajar dan guru, remaja, orang tua, hingga manula.

You may also like

Leave a Comment