Home Lifestyle Menparekraf Sandiaga Ajak Masyarakat Bulukumba Bangun Pesantren Terpanjang & Maksimalkan QR Code Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menparekraf Sandiaga Ajak Masyarakat Bulukumba Bangun Pesantren Terpanjang & Maksimalkan QR Code Menopang Pertumbuhan Ekonomi

written by Admin November 25, 2021
Menparekraf Sandiaga Ajak Masyarakat Bulukumba Bangun Pesantren Terpanjang & Maksimalkan QR Code Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Di zaman yang sudah memasuki 4.0 ini maka segala bantuk inovasi semakin diwajibkan agar dapat terus berkompetisi, selain untuk mengikuti perkembangan zaman, hal tersebut juga bisa membuat atau memajukan eksistensi terhadap produk khususnya produk pariwisata. Hal tersebut tentunya akan menjadi salah satu produk yang bisa membangkitkan perekonomian.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, salah satu inovasi yang dilakukan masyarakat Desa Wisata Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan adalah membuat kreasi QR Code untuk meminta sumbangan.

“Jadi saya diberitahu sama Kepala Desa, kalau mereka ingin membangun pesantren dan salah satu caranya adalah memuat sumbangan dengan QR Code,” kata Menparekraf saat mengunjungi Desa Wisata Ara.

Menparekraf mengungkapkan, dengan adanya QR Code ini mereka dapat memecahkan rekor MURI dengan pesantrean terpanjang dan jumlah donator terbanyak karena memakai QR Code. Selain meudahkan bagi donator, cara ini juga memdahkan panitia desa tersebut mendata jumlah donasi yang masuk selain itu, donator juga bisa memantau donasi yang masuk sehingga memperkecil adanya penyimpangan.

“Cara ini juga bisa dijadikan salah satu promosi yang dilakukan oleh desa ini, jadi mengundang donatur sekaligus wisatawan,” terangnya.

Untuk itu, Menparekraf membantu mempromosikan QR Code di akun Instagram-nya agar lebih banyak yang menyumbang. Sehingga, penyumbang bisa berasal dari seluruh dunia. Dirinya juga berharap, pembangunan pesantren terpanjang ini juga bisa segera terlaksana.

Dari informasi yang diterima Menparekraf, rencananya pesantren terpanjang tersebut akan memilki panjang 158 meter sekaligus mengalahkan rumah terpanjang di Thailand yang memiliki panjang 150 meter.

“Kalau ini berhasil diwujudkan maka menjadi pesantren terpanjang di dunia bukan hanya di Indonesia,” terangnya.

You may also like

Leave a Comment