Home Mancanegara Leisure Tak Terpengaruh Kondisi Perekonomian, Panorama JTB Tours Mantap Selenggarakan ‘The World of Holidays 2018’

Leisure Tak Terpengaruh Kondisi Perekonomian, Panorama JTB Tours Mantap Selenggarakan ‘The World of Holidays 2018’

written by Admin September 15, 2018

Sejak awal tahun 2018 Rupiah terus melemah terhadap Dolar Amerika. Hingga pertengahan September 2018 Rupiah melemah 8,65% persen terhadap Dolar AS. Kendati demikian, Pemerintah Indonesia optimis bahwa tidak ada pelemahan daya beli masyarakat di Indonesia. Nyatanya pelemahan nilai tukar Rupiah juga masih dapat digolongkan bertahan dibandinkan negara berkembang lainnya.

Gejolak ekonomi ini datang dari normalisasi kebijakan bank sentral Amerika. Mata uang China, Yuan juga mengalami pelemahan hingga 4,99% sepanjang tahun 2018. Faktor eksternal ini tentu ada diluar kendali Pemerintah Indonesia, tetapi negara dapat menahan pelemahan dengan berbagai insiatif, salah satunya dengan menguatkan kinerja ekonomi domestik khususnya neraca perdagangan. Dengan perubahan gaya hidup masa kini yang cenderung Leisure Economy, hal ini memberikan optimisme pada usaha leisure untuk tetap bertahan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi yang berkaitan dengan rekreasi melonjak ke level 6,5 % hingga akhir tahun 2017. Angka ini bahkan lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi yang dinyatakan tumbuh 5,07%. BPS mengungkapkan terjadinya pergeseran konsumsi masyarakat dari goods (barang) ke experience (pengalaman). Salah satu industri yang diuntungkan dengan perubahan ini adalah industri pariwisata. Dengan tren gaya hidup leisure, didukung dengan hadirnya pilihan penerbangan dan hotel yang beragam, masyarakat semakin gemar berwisata.  Berbagai data terus menunjukkan tren positif akan pertumbuhan pembelian tiket pesawat, hotel, dan rekreasi.

Dengan ekonomi yang kurang stabil saat ini tentunya masyarakat harus lebih cermat dalam memilih perbelanjaan wisatanya. Masyarakat dapat melakukan perjalanan domestik untuk membantu menguatkan perekonomian Indonesia. Selain harga yang lebih kompetitif, berwisata dalam negeri juga dapat mendukung perputaran dan pemerataan ekonomi di Indonesia. Liburan dapat direncanakan dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik. Bepergian dalam bentuk group juga tentunya dapat memberikan biaya kompetitif karena bisa berbagi biaya akomodasi.

Untuk memudahkan rencana liburan, masyarakat tentunya dapat mengunjungi pameran-pameran wisata yang kini hadir di mall-mall keluarga. Seperti travel fair ‘World of Holidays’ yang akan diadakan oleh Panorama JTB Tours pada 20 – 23 September 2018 di Mall Kota Kasablanka. World of Holidays kali ini mengusung tema ‘YESS!’ Year End Surprise Sale, memberikan harga spesial pameran dan didukung dengan promo perbankan yang menarik. Jangan sampai melewatkan kesempatan menarik ini untuk merencanakan liburan akhir tahun dengan pengalaman tak terlupakan.

You may also like

Leave a Comment