Home Mancanegara Sektor Pariwisata Menguat, Dubai Catat Rekor Jumlah Kunjungan Wisatawan

Sektor Pariwisata Menguat, Dubai Catat Rekor Jumlah Kunjungan Wisatawan

written by Admin August 10, 2018
Sektor Pariwisata Menguat, Dubai Catat Rekor Jumlah Kunjungan Wisatawan

Posisi Rusia naik dengan rekor tertinggi sebesar 74% dibanding tahun sebelumnya India bertahan pada posisinya sebagai pasar terbesar Dubai dengan pertumbuhan 3% pada H1 2018 Eropa Barat memberikan pertumbuhan double digit untuk negara Jerman, Perancis dan Italia

Dubai menyambut 8,10 juta wisatawan mancanegara selama enam bulan pertama di tahun 2018, mewakili peningkatan secara konsisten pada periode yang sama di tahun lalu. Data yang dikeluarkan oleh Dubai’s Department of Tourism and Commerce Marketing (Dubai Tourism) telah membuktikan kesuksesan Dubai pada sektor pariwisata secara berkelanjutan yang pada akhir tahun 2017 bernilai AED109 miliar per tahun. Sebuah destinasi pilihan bagi berbagai negara, Dubai diharapkan dapat menyambut lebih banyak wisatawan pada semester kedua 2018.

Negara-negara dengan jumlah wisatawan berkunjung terbesar terus memberikan kontribusi yang kuat pada semester pertama 2018. India, Arab Saudi dan Inggris tetap berada pada posisi tiga besar jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

India kembali mendatangkan wisatawan mancanegara dengan jumlah tertinggi dengan melewati angka 1 juta selama periode enam bulan, naik 3% dibandingkan tahun sebelumnya. Arab Saudi dan Inggris tetap pada posisi kedua dan ketiga pasar terbesar, dengan pertumbuhan sebelumnya yang sedikit meningkat dan termasuk pengunjung terbanyak dari Kawasan GCC.

Tiongkok berada di posisi keempat pada pertengahan 2018 dengan peningkatan 9% dengan 453.000 wisatawan. Sementara Rusia menempati posisi puncak untuk pertumbuhan, dengan peningkatan secara signifikan sebesar 74% dibandingkan semester pertama 2017, mendatangkan 405.000 wisatawan yang membuatnya masuk ke posisi 10 besar pasar terbesar. Wisatawan dari kedua pasar ini terus menggunakan kemudahan akses dengan pengenalan fasilitas visa-on-arrival untuk warga Tiongkok dan Rusia pada akhir 2016 dan 2017.

Pada pertengahan tahun 2018 terlihat kontribusi yang meningkat dari Amerika Serikat dan Jerman yang tetap berdiri kuat di posisi ketujuh dan delapan dengan 327.000 dan 302.000 wisatawan. Hal ini menegaskan keberhasilan strategi pasar dan pelaksanaan upaya yang beragam untuk menjaga daya tarik yang kuat secara terus menerus kepada para wisatawan serta meningkatkan advokasi dengan berfokus pada peningkatan yang ditargetkan pada pilar-pilar pariwisata yang paling menarik.

Yang Mulia Helal Saeed Almarri, Director General, Dubai Tourism, berkata, “Enam bulan pertama di 2018 berhasil mempertahankan performa yang stabil, serta mendukung pertumbuhan yang kuat terhadap pasar global kami. Dengan 8,10 juta wisatawan selama semester pertama 2018 benar-benar sejalan dengan upaya kami dalam melakukan akselerasi terhadap aspirasi visioner untuk menjadi kota dengan pengunjung terbanyak di seluruh dunia. Penawaran yang bervariasi dari pariwisata Dubai terus berkembang secara perlahan namun tetap memperhatikan kebutuhan pasar, dan meningkatkan daya tarik kepada pengunjung di target pasar kami. Dengan demikian kami juga mengembangkan kerja sama strategis untuk memastikan kami menjadi destinasi yang diutamakan bagi para turis, baik yang baru pertama kali atau yang sudah pernah berkunjung, untuk menjadi ambassador Dubai. Memperluas jangkauan dan dampak advokasi untuk kota ini secara organik melalui jaringan yang telah terintegrasi di seluruh platform digital, sosial dan mobile-led untuk mencerminkan masa depan dari 10X yang diperkenalkan pada tahun 2017 oleh Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai untuk merangkul inovasi yang ada dan memastikan bahwa Dubai tetap 10 tahun lebih maju dibandingkan kota manapun yang ada di dunia.”

Dari perspektif regional, Eropa Barat berkontribusi 21 persen dari volume pengunjung, yang membuat posisinya tetap bertahan seperti pada periode tahun lalu sebagai sumber pengunjung terbesar secara regional. Dengan peningkatan jumlah pengunjung yang cukup besar pada tiga dari dua puluh pasar terbesar, Perancis, Italia dan Jerman menunjukkan peningkatan sebesar 18%, 11%, dan 12%; yang menjadi indikator terhadap kesuksesan upaya pemasaran destinasi wisata guna mendorong segmen wisatawan Eropa.

Dengan Dubai yang sekarang menarik lebih banyak wisatawan beragam, Dubai Tourism terus berinovasi dan melakukan promosi pemasaran yang sesuai, dibantu oleh analisa wawasan yang kuat dan titik temu dari ‘time and audience’ dalam membuat keputusan strategi pariwisata. Ini mencakup berbagai spektrum dari keberhasilan kampanye #BeMyGuest yang telah memenangkan berbagai penghargaan yang bekerjasama dengan selebriti untuk menargetkan lebih dari 100 juta penayangan video hanya dalam 8 minggu; dan juga perjanjian strategis untuk pasar yang spesifik dengan perusahaan digital dan teknologi terkemuka dari Tiongkok untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Inisiatif untuk pasar dan segmen yang spesifik didukung oleh hubungan perdagangan yang kuat di dalam negeri dan diperkuat melalui konten untuk menyampaikan pesan yang konsisten, kredibel, dan relevan terhadap target pasar utama. Hal ini telah menjadi fokus dari pendekatan pemasaran terintegrasi Dubai 360 yaang terus memberikan hasil yang baik selama setengah tahun 2018.

Hal lain yang memungkinkan pertumbuhan pada masa mendatang termasuk pengenalan terbaru dari visa transit, dimana pengunjung transit dibebaskan dari semua biaya masuk untuk 48 jam pertama dari masa tinggal mereka. Selain itu, perubahan peraturan visa di masa mendatang menawarkan manfaat tambahan bagi wisatawan yang berkunjung ke UEA yang membebaskan tanggungan visa selama musim panas untuk turis yang berumur 18 tahun kebawah – ini merupakan langkah yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan. Selain itu, industri pelayaran Dubai memegang peran penting untuk berkontribusi pada sektor pariwisata Dubai, dengan berbagai daya tarik baru sebagai destinasi tujuan favorit untuk jalur pelayaran internasional dan wisatawan yang berlayar, dengan bergantung pada musim untuk mendorong lebih banyak kunjungan. Untuk mendorong segmen ini, Dubai telah memberikan akses bebas hambatan dan multi-entry visa untuk turis yang berlayar, yang berasal dari dari 50 negara.

“Dukungan yang baik kami terima dari pemerintah, sektor publik dan swasta, baik di Dubai maupun di seluruh dunia yang merupakan bukti kepercayaan. Kami secara kolektif memberikan kekuatan dan daya tarik yang berkesinambungan pada sektor pariwisata Dubai dan juga kemampuan kami untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada para wisatawan dengan kebutuhan yang berbeda. Kolaborasi ini merupakan hal penting bagi keberhasilan kami dan kami berdedikasi untuk tetap mendorong jumlah wisatawan ke Dubai, sehingga dampak yang dihasilkan dari sektor pariwisata juga membawa pengaruk positif pada sektor ekonomi emirat. Melihat ke depan pada semester kedua 2018, serta area pengembangan sektor pariwisata, dengan langkah untuk mengimplementasi mekanisme pengembalian pajak tambahan (VAT) untuk wisatawan yang dilakukan untuk memenangkan daya saing industri secara global dan mendorong pertumbuhan dalam kontribusi GDP ke Dubai secara lebih lanjut,” pungkas Almarri.

Suplai Hotel

Tersebar di total 700 perusahaan, persediaan kamar hotel Dubai berkisar pada 111.317 kamar pada akhir Juni 2018, angka tersebut naik 7% dibandingkan tahun lalu. Dengan meningkatnya permintaan untuk hotel kelas menengah yang beroperasi di Dubai, jumlah properti bintang empat telah meningkat dari 114 hotel menjadi 138 hotel yang mewakili 25% pertumbuhan persediaan kamar.

Kamar yang ditempati dari tahun ke tahun meningkat dengan total 14,97 juta dibandingkan dengan jumlah pada tahun lalu sebesar 14,53 juta, hal ini menggambarkan keberagaman, daya saing dan popularitas sektor perhotelan Dubai.

You may also like

Leave a Comment