Home MancanegaraChina Lion Air Buka Penerbangan Baru Hubungkan Manado Dengan Tianjin

Lion Air Buka Penerbangan Baru Hubungkan Manado Dengan Tianjin

written by Admin July 24, 2018

Sulawesi Utara (Sulut) terus memikat lebih banyak pelancong. memberikan kode ‘jempol‘ setelah mengabadikan keindahan panorama alam berupa pegunungan yang tampak jelas tertangkap mata. Selain itu, wisata pantai atau snorkeling di Taman Laut Bunaken menjadi salah satu pilihan terbaik, lengkap dengan laut luas membentang.

Berada di Manado, wisatawan dapat mencicipi sajian kuliner sembari menikmati spot pesona bahari ataupun berwisata belanja pernak-pernik produk UKM dan bermacam-macam olahan kreatif dari berbagai daerah.

Nuansa kearifan lokal semakin membuat betah wisatawan di Sulut. Bukit Kasih yang ikonik telah melambangkan kerukunan hidup umat beragama bisa hidup berdampingan sesuai semboyan ‘torang samua basudara dan basudara baku-baku sayang’. Karena ketenarannya itulah, propinsi beribukota di Manado ini terus mendongkrak sektor pariwisata, dengan lebih memperkenalkan ke kancah mancanegara guna menggaet banyak wisatawng, salah satunya Tianjin di Tiongkok.

Bagi kalangan wisatawan, Tianjin dikenal sebagai kota metropolis internasional yang dilintasi kokohnya Tembok China, mempunyai kekayaan budaya, atraksi dan tujuan wisata beserta pemandangan alam begitu memukau. Berjuluk ‘Permata di Teluk Bohai’, perannya juga sebagai jembatan Tiongkok dengan negara-negara tetangga serta jalur utama wilayah Utara dan Selatan Tiongkok.

Melihat perkembangan maupun keunggulan kedua destinasi, Lion Air telah membuka penerbangan pertama charter yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Binhai Tianjin, Republik Rakyat Tiongkok (TSN) dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (MDC).

Untuk tonggak awal sejarah penerbangan perdana, Lion Air mengudara dari Manado bernomor JT2749 pukul 16.55 WITA tepat waktu (on time) pada Minggu (22/ 7) dan sudah mendarat di Tianjin pukul 23.10 CST (current local time in China – Tianjin Municipality). Dalam inaugural flight ini, penumpang merasakan layanan pesawat Boeing 737 MAX 8, merupakan salah satu armada generasi terbaru. Manado ke Tianjian memiliki frekuensi tiga kali dalam sepekan setiap Rabu, Jumat dan Minggu pergi pulang (PP).

Sedangkan Tianjin ke Manado juga diterbangi tiga kali seminggu pada Senin, Kamis dan Sabtu. Lion Air menggunakan nomor penerbangan JT2748 pada Senin (23/ 7), diberangkatkan pukul 00.15 CST dan tiba dengan mulus di Manado pukul 06.30 WITA. Penyambutan pembukaan rute charter ditandai para turis Tianjin mendapatkan pengalungan berupa selendang kain khas Manado oleh Lion Air dan Manajer Operasional Angkasa Pura 1 Cabang Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, Jusman yang mewakili GM AP 1 Manado, Minggus E.T Gandeguai.

Peluncuran jaringan internasional tersebut telah menjadikan Lion Air sebagai satu-satunya maskapai terkini dan yang pertama menghubungkan non-stop Manado ke Tianjin pergi pulang. Pencapaian itu sekaligus menempatkan Manado sebagai destinasi ke-2 di Indonesia setelah Denpasar, Bali yang baru dibuka Sabtu (21/ 7) langsung terkoneksi dengan kota berciri khas ‘The Eye of Tianjin‘ roda ferris di atas jembatan.

Destinasi baru Tianjin merupakan kelanjutan dari kesuksesan rute Lion Air tujuan Manado dan Tiongkok, yang sebelumnya sudah eksis membawa turis, antara lain Changzhou Benniu, Changsha Huanghua, Guangzhou Baiyun, Shanghai Pudong dan Shenzhen Bao’an.

Penerbangan Manado – Tianjin semakin memperkuat komitmen Lion Air dalam mengakomodir tingginya permintaan perjalanan udara “traveling” dari wisatawan mancanegara (wisman) untuk bepergian secara mudah ke Indonesia melalui Denpasar dan Manado, demikian juga sebaliknya wisatawan nusantara (wisnus) bisa mewujudkan mimpinya ekspolarasi tujuan wisata di Tiongkok khususnya Tianjin.

Untuk semakin meningkatkan minat segmen turis di kota tujuan Tiongkok seiring upaya Lion Air memberikan pengalaman tersendiri dan layanan terbaik selama perjalanan, wisatawan berkesempatan menjajal terbang dengan Boeing 737-900ER (215 kursi kelas ekonomi), Boeing 737-800NG (189 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737 MAX 8 (189 kursi kelas ekonomi).

Kehadiran rute favorit internasional yang baru diperkenalkan ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kedua negara terutama ditopang dari sektor perdagangan dan pariwisata. Selain itu, Lion Air Group senantiasa mendukung program Kementerian Pariwisata RI dalam pencapaian 17 juta wisatawan menuju Indonesia.

Lion Air memproyeksikan pertumbuhan destinasi Manado sekitarnya akan semakin berkembang, sejalan inisiasi pemerintah, pelaku industri wisata, perhotelan, maskapai yang didukung banyak pihak. Data April 2018 Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara menunjukkan wisman yang datang ke Sulut didominasi dari Tiongkok 8.753 orang atau 86,54%, kemudian Jerman 213 orang (2,11%), Amerika 198 orang (1,96%), Hongkong 115 orang (1,14%) dan Singapura 101 orang (1,00%).

Perkembangan wisman pada triwulan pertama 2018 mencapai 29.413 orang. Angka ini meningkat dibandingkan jumlah pada triwulan pertama 2017 yaitu 17.941 orang.

Total wisman yang datang ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk Sam Ratulangi pada Mei 2018 yaitu 9.405 orang atau menurun 7,79% dibanding April 2018 yang mencapai 10.200 orang. Jika dibandingkan dengan kunjungan wisman bulan yang sama pada Mei 2017 tercatat 5.589 orang, meningkat 68,28%.

Informasi Jaringan Penerbangan Lion Air Group di Manado

Rute Lion Air

Frekuensi Terbang

Manado – Soekarno-Hatta Tangerang

1 kali per hari

Manado – Makassar

3 kali per hari

Manado – Makassar – Soekarno-Hatta

1 kali per hari

Manado – Makassar – Denpasar

1 kali per hari

Manado – Balikpapan

1 kali per hari

Manado – Balikpapan – Bandung

1 kali per hari

Manado – Sorong

1 kali per hari

Manado – Sorong – Jayapura

1 kali per hari

Manado – Surabaya

2 kali per hari

Manado – Surabaya – Soekarno-Hatta

1 kali per hari

Manado – Changzhou Benniu, Tiongkok

1 kali per hari Selasa, Kamis, Sabtu

Tianjin Binhai, Tiongkok – Manado

1 kali per hari Senin, Kamis, Sabtu

Manado – Tianjin Binhai

1 kali per hari Rabu, Jumat, Minggu

Manado – Changsha Huanghua, Tiongkok

1 kali per hari Senin, Rabu, Jumat

Manado – Guangzhou Baiyun, Tiongkok

1 kali per hari Selasa, Kamis, Sabtu

Manado – Shanghai Pudong, Tiongkok

1 kali per hari Selasa, Kamis, Sabtu

Manado – Shenzhen Bao’an, Tiongkok

1 kali per hari Selasa, Sabtu

Manado – Zhengzhou Xinzheng *)

1 kali per hari Selasa, Kamis, Sabtu

Rute Batik Air

Manado – Soekarno-Hatta Tangerang

6 kali per hari

Rute Wings Air

Manado – Gorontalo

2 kali per hari

Manado – Gorontalo – Palu

1 kali per hari

Manado – Luwuk

1 kali per hari

Manado – Luwuk – Palu

1 kali per hari

Manado – Melangguane

1 kali per hari

Manado – Miangas

1 kali per hari

Manado – Tahuna

1 kali per hari

Manado – Ternate

3 kali per hari

Manado – Ternate – Labuha

1 kali per hari

Manado – Ternate – Morotai

1 kali per hari

Manado – Galela

1 kali per hari

Manado – Kao

1 kali per hari

Manado – Ambon

1 kali per Senin, Rabu, Jumat, Minggu

You may also like

Leave a Comment