Home Lifestyle AirAsia Resmi Datangkan Pesanan 66 Unit Pesawat Airbus A330neo dan Siap Tambah 34 Unit Lainnya

AirAsia Resmi Datangkan Pesanan 66 Unit Pesawat Airbus A330neo dan Siap Tambah 34 Unit Lainnya

written by Admin July 24, 2018
AirAsia Resmi Datangkan Pesanan 66 Unit Pesawat Airbus A330neo dan Siap Tambah 34 Unit Lainnya

Maskapai jarak jauh berbiaya hemat, AirAsia X, baru saja menambahkan jumlah pesanan pesawat berbadan lebar Airbus A330neo sebanyak 34 unit. Pengumuman ini disampaikan dalam pameran dirgantara Farnborough Air Show di Inggris oleh CEO dan Co-Founder Group AirAsia Kamarudin Meranun, Chairman AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz, dan Chief Commercial Officer Airbus Eric Schulz.

Penandatanganan kesepakatan ini memperkuat posisi AirAsia X sebagai pelanggan terbesar untuk pesawat jenis A330neo, dengan jumlah keseluruhan pesanan meningkat menjadi 100 unit. Semua unit yang dipesan AirAsia X adalah tipe A330-900 yang memiliki kapasitas terbesar dalam tipe tersebut.

Dengan kemampuan menempuh jarak hingga ke Eropa termasuk London, A330neo nantinya akan mempermudah AirAsia X untuk memperluas model bisnis penerbangan jarak jauh berbasis nilai yang dijalankannya terutama dengan semakin rendahnya biaya operasi, sehingga masyarakat dapat menikmati terbang lebih jauh dengan harga yang jauh lebih kompetitif.

Pesawat A330neo ini dijadwalkan tiba mulai kuartal keempat tahun 2019 dan nantinya akan menjadikan AirAsia X sebagai maskapai pertama di Asia yang mengoperasikan pesawat jenis ini. Pesawat A330neo akan beroperasi di tiga basis operasi AirAsia X, yaitu Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Co-Founder AirAsia sekaligus CEO Grup AirAsia X Datuk Kamarudin Meranun mengatakan, ”Kami sangat yakin dengan konsep penerbangan jarak jauh berbiaya hemat. Jumlah pesanan ini menunjukkan tingkat kepercayaan kami terhadap model bisnis AirAsia X. Kami me-lobby cukup keras untuk model A330neo setelah melihat kesuksesan A320neo dan proses penjajakan langsung dengan Airbus. Kami yakin pesawat ini akan memungkinkan kami memperluas penawaran harga hemat ke destinasi di luar kawasan Asia Pasifik, hingga ke seluruh dunia.”

Co-Founder AirAsia dan Co-CEO Group AirAsia Tan Sri Tony Fernandes menambahkan, “Keputusan ini tidak hanya mempertegas pesanan kami untuk 66 unit A330neo sebelumnya, tetapi juga menambah pesanan 34 unit lagi, dan keputusan ini telah melalui proses evaluasi pesawat secara menyeluruh, mungkin paling menyeluruh yang pernah dilakukan dalam industri aviasi. Kami melihat berbagai aspek yang ditawarkan A330neo termasuk kinerja dan reliabilitas secara teknis hingga kenyamanan penumpang, dan pesawat ini jelas pilihan yang tepat untuk mendukung pengembangan jaringan berbiaya hemat kami secara lebih efisien. Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Eric Schulz, yang telah bersabar mengikuti semua proses ini bersama AirAsia, terima kasih juga kepada Jerome dan Alain. Kami memang pelanggan yang menyulitkan, tapi kami tahu kami mendukung produk yang tepat.”

Eric Schulz elaku Chief Commercial Officer Airbus mengatakan, ”Kami merasa sangat senang dapat menyampaikan pengumuman kesepakatan dengan AirAsia X ini. Ini merupakan dukungan terbesar yang kami terima terhadap berbagai keunggulan ekonomis operasional, performa dan efektifitas biaya yang ditawarkan A330neo terhadap pesawat lain dalam kategori ukuran sejenis. Kami akan bekerja bersama AirAsia X untuk mempersiapkan peluncuran operasional pesawat ini, sembari maskapai ini terus mengembangkan jaringannya ke berbagai destinasi di seluruh dunia.”

A330neo merupakan pesawat berbadan lebar versi terbaru dari Keluarga A330. Pesawat ini menggunakan mesin generasi terbaru Rolls-Royce Trent 7000, sayap baru yang dioptimalisasi, dan porsi penggunaan material komposit ringan yang lebih banyak. Secara keseluruhan, peningkatan ini akan mengurangi penggunaan bahan bakar secara signifikan sebanyak 25 persen dibandingkan pesawat generasi sebelumnya dengan ukuran yang sama.

Penumpang dapat merasakan tingkat kenyamanan yang paripurna saat terbang dengan A330neo terutama dengan desain kabin Airspace dari Airbus yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Desain kabin ini awalnya diperuntukkan untuk tipe A350XWB dengan desain dinding dan aksesori terbaru, tempat penyimpanan kabin yang lebih besar, pencahayaan kabin yang menyesuaikan dengan suasana, serta konektivitas dan sistem layanan hiburan paling mutakhir.

Pesawat-pesawat dalam Keluarga A330 merupakan lini produk berbadan lebar yang paling sukses, dengan jumlah 1.700 pesanan dari 120 pelanggan. Lebih dari 1.400 unit A330 saat ini diterbangkan oleh lebih dari 120 maskapai di seluruh dunia. Jenis A330neo telah mendapatkan 250 pesanan sebelum mulai beroperasi, termasuk pesanan yang diumumkan hari ini.

Pesawat A330neo saat ini tengah menyelesaikan program uji terbangnya, sementara program sertifikasi dijadwalkan rampung beberapa minggu setelah itu. Pesawat ini akan mulai beroperasi pada bulan September.

You may also like

Leave a Comment