Home Lifestyle Buku ‘Akhlak Untuk Negeri’ Resmi Diluncurkan

Buku ‘Akhlak Untuk Negeri’ Resmi Diluncurkan

written by Admin January 6, 2021
Buku ‘Akhlak Untuk Negeri’ Resmi Diluncurkan

Peluncuran dan bedah buku ‘Akhlak Untuk Negeri’ sungguh istimewa dihadiri oleh Meneg-BUMN pertama, Tanri Abeng, Meneg-BUMN ke-7, Dahlan Iskan dan Menteri BUMN ke-9, Erick Thohir yang menulis buku ini.

Ary Ginanjar yang juga merupakan salah satu penyusun buku ini mengatakan tentang tujuan menulis buku ini yaitu sebagai: Guidance, Inspiration, Legacy.

Penulisan buku ini juga merupakan tindak lanjut komitmen ditetapkannya akhlak sebagai core values seluruh BUMN dan menjadi pedoman budaya kerja seluruh Badan Usaha Milik Negara ini. Dan core values akhlak adalah sebuah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Harapannya, selain menjalankan Akhlak secara harfiah, maka akhlak sebagai core values terinternalisasi dan menjadi menjadi perilaku sehari-hari.

Di dalam bedah buku ini selain mengkaji pentingnya akhlak bagi BUMN dan Indonesia, juga ada sharing best practice berdasarkan pengalaman dalam mempraktekkan akhlak.

ESQ Leadership Center menginisiasi acara ‘Peluncuran dan Bedah Buku Akhlak Untuk Negeri’ yang diselenggarakan pada hari Rabu (6/1) via Zoom. Event ini menampilkan 3 narasumber utama yakni Tanri Abeng, Dahlan Iskan dan Ary Ginanjar Agustian serta dibuka dengan keynote speech yang disampaikan langsung Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Saya meyakini, pada akhirnya setiap insan akan dikenang karena reputasi dan legesi. Reputasi adalah sebuah akumulasi dari perilaku, prestasi, hingga membentuk konsistensi,” ujar Erick kepada seluruh partisipan yang hadir seperti para Direksi dan Komisaris BUMN serta media massa nasional.

Erick pun menegaskan bahwa BUMN tak boleh hanya ‘jago kandang’ tapi harus bisa mendunia (go global).

“Yang saya ingin benahi bahwa BUMN adalah amanah yang tentu harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat maupun secara nasional khususnya hingga internasional,” terangnya.

Tanri Abeng pun tak luput menyampaikan sambutan baiknya terkait peluncuran buku ini.

“Saya sangat menyambut baik buku Akhlak ini karena bersumber dari otak pak Menteri Erick Thohir langsung bersama sahabat saya yaitu Ary Ginanjar,” ujarnya.

Dahlan Iskan pun memuji penyusunan buku ini karena sangat merepresentasikan diri Erick Thohir.

“Saya melihat buku ini sebetulnya itulah Erick Thohir. Kalau membaca buku kita akan tahu personifikasi Meneg BUMN Erick Thohir,” ungkap Dahlan.

Dahlan bahkan mengapresiasi Erick Thohir yang mengkonsep sendiri corporate culture Kementerian BUMN.

Sementara itu, Sandrina Malakiano selaku Moderator yang memandu jalannya acara tersebut bertanya kepada Ary Ginanjar terkait isi dari buku Akhlak ini.

“Buku ini tidak menjadi aturan yang menakutkan, tapi energi yang sangat inspiratif, menarik dan enak dibacanya,” jawab Ary.

“Semua pemikiran besar akan hilang ketika tidak ditulis, menulis adalah bekerja untuk keabadian,” tutupnya dengan mengutip sebuah kata bijak.

Buku berjudul ‘Akhlak Untuk Negeri’ buah pikir dari Erick Thohir dan Ary Ginanjar Agustian yang tebalnya lebih dari 200 halaman tersebut, kini  sudah tersedia di toko buku online.

You may also like

Leave a Comment