Home Lifestyle Lewat Gelaran Food Startup Indonesia, Bekraf Gandeng 95 Startup Kuliner Terbaik Indonesia

Lewat Gelaran Food Startup Indonesia, Bekraf Gandeng 95 Startup Kuliner Terbaik Indonesia

written by Admin June 30, 2018
Lewat Gelaran Food Startup Indonesia, Bekraf Gandeng 95 Startup Kuliner Terbaik Indonesia

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus melakukan upaya untuk mengembangkan perekonomian di sektor kuliner. Terlebih, kuliner menjadi salah satu subsektor unggulan yang menyumbangan PDB nasional dari sektor ekonomi kreatif. Untuk itu, Bekraf kembali menggelar Food Startup Indonesia yang ketiga kalinya tahun ini.

Dalam program Food Startup Indonesia ini, Bekraf akan menggelar ‘Demoday Food Startup Indonesia’ pada akhir Julir di Surabaya. Food Startup Indonesia sendiri menjadi platform yang dibentuk oleh Bekraf untuk menghubungkan pengusaha rintisan di bidang kuliner Indonesia. Bekraf pun mendukung dalam permodalan dan membantu startup agar tergabung dalam ekosistem kuliner.

Fadjar Hutomo selaku Deputi Akses Permodalan Bekraf menuturkan bahwa Bekraf sendiri memiliki visi untuk membantu mengembangkan bisnis kuliner Indonesia. Itu sebabnya, beragam program dan bantuan diberikan pada pengusaha yang bergerak di bidang kuliner Indonesia.

“Bekraf bertujuan meningkatkan akses permodalan sekaligus kapasitas startup kuliner Indonesia pada demoday FSI 2018 ini. Bekraf menghadirkan mentor untuk memberikan saran pitchdeck yang menarik minat investor sekaligus anjuran peningkatan kualitas produk kuliner. Investor yang tertarik mendanai sub sektor kuliner juga diundang pada demoday FSI ini,” ujar Fadjar Hutomo dalam Konferensi Pers Food Startup Indonesia 2018 yang diselenggarakan di Harris Vertu Hotel Harmoni Jakarta, pada hari Jumat (29/6).
Sebanyak 337 startup kuliner dari 113 kota di Indonesia ikut berpartisipasi dalam sesi pendaftaran di Demoday. Selanjutnya, dikurasi oleh kurator melalui beberapa poin utama pada pitchdeck, presentasi peserta tentang investasi, produk, dan rekam jejak bisnis.

Dari sesi kurasi ini, Bekraf akhirnya menetapkan 95 startup kuliner untuk mengikuti acara Demoday. Mereka berkesempatan untuk meningkatkan jaringan, mendapatkan mentoring dari ahli kuliner dan pendukung ekosistem kuliner Indonesia, serta menarik minat investor melalui presentasi.

Semua peserta terpilih mengenalkan produknya pada investor, mentor, dan masyarakat luas pada Kreatifood Expo pada 27-29 Juli 2018. Sementara mentoring akan dilakukan pada 30 Juli-1 Agustus 2018. Para mentor akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas produk sekaligus pitchdeck yang menarik investor.

Setelah itu, para peserta berkesempatan untuk mempresentasikan bisnis kulinernya di hadapan investor pada 1 Agustus 2018. Ini akan menjadi kesempatan emas bagi para peserta untuk meyakinkan investor bahwa produk mereka layak untuk didanai.

Tiga startup kuliner terbaik akan mendapatkan fasilitas tambahan dari Bekraf. Di antaranya adalah mendapatkan Bantuan Insentif Pemerintah serta pendukungan pameran di dalam maupun di luar negeri.

You may also like

Leave a Comment