Home Lifestyle Indonesia Baloon Art Festival (IBAF) 2018 Jadi Sarana Hiburan dan Edukasi Pariwisata Indonesia

Indonesia Baloon Art Festival (IBAF) 2018 Jadi Sarana Hiburan dan Edukasi Pariwisata Indonesia

written by Admin June 30, 2018
Indonesia Baloon Art Festival (IBAF) 2018 Jadi Sarana Hiburan dan Edukasi Pariwisata Indonesia

Siapa sangka bahwa balon yang selama ini hanya identik dengan pesta ulang tahun dan pada umumnya berbentuk bulat, dapat digunakan sebagai sarana belajar dan juga dapat dibuat dalam berbagai bentuk, bahkan dapat menggambarkan  beragama seni dan budaya khas Indonesia.

Bertempat di Mal Ciputra Jakarta balon ini dimaksimalkan untuk menjadi sarana belajar dan edukasi kepada anak-anak tentang budaya dan pariwisata di Indonesia pada sebuah event bertajuk Indonesia Balloon Art Festival (IBAF) 2018.

Event kedua ini digelar untuk mengulang kesuksesan di event pertama pada tahun 2015 lalu. Untuk kali ini  tema yang diangkat adalah ‘Wonderful Indonesia‘. Event yang merupakan hasil kolaborasi dari Mal Ciputra dan Adalima Balloons ini diselenggarakan di Area Center, Lower Ground Floor Mal Ciputra, Jakarta, dimulai sejak tanggal 29 Juni hingga 8 Juli 2018 mendatang.

IBAF 2018 resmi dibuka oleh  General Manager Mal Ciputra, Ferry Irinato  dan CEO and Founder Adalima Balloons, Leonard Suharti bertempat di Area Center Court Mal Ciputra, Jakarta, pada hari Jumat (29/6).

Event IBAF 2018Dibuka Secara Resmi Oleh General Manager Mal Ciputra, Ferry Irinato dan CEO and Founder Adalima Balloons, Leonard Suharti

“Dengan materi balon, kami berharap para pengunjung bisa mendapatkan pengalaman yang menakjubkan dan sebagai sarana edukasi bagi seluruh pengunjung Mal Ciputra Jakarta, terutama anak-anak di tengah berkembangnya era digital saat ini. Anak-anak dapat mengembangkan imajinasi, kreatifitas dan bakatnya melalui balon, sebuah materi yang mudah didapat, murah dan menarik tapi bisa menghasilkan karya seni yang spektakuler,” ujar Ferry.

Untuk mendekorasi balon sesuai tema yang diangkat, Adalima Ballons menggandeng Komunitas Balloons Artist Club yang berasal dari sejumlah kota di Indonesia seperti dari Medan, Jambi, Palembang, Jakarta, Bandung, Bali, Malang, Surabaya, Manado dan Timika.

Komunitas ini pun mendekorasi empat  ikon budaya dan pariwisata di empat daerah di Indonesia yaitu Maluku, Nias, Yogyakarta dan Bali. Dekorasi ini dapat menjadi sarana bagi anak-anak untuk mengenal ciri khas budaya Indonesia.

CEO and Founder Adalima Balloons, Leonard Suharti mengatakan event ini menghabiskan total 150 ribu balon untuk didekorasi. Untuk mengerjakannya melibatkan 70 seniman balon yang tergabung dalam Komunitas Ballons Artist Club.

“Para seniman balon ini tiba di Jakarta pada hari Minggu kemarin  dan kami mulai mengerjakan Senin pagi (25 Juni 2018) sampai malam dan selesai pada Kamis kemarin (28 Juni 2018). Jadi ada empat hari penyelesaiannya dengan melibatkan 70 orang,”kata Leonard di kesempatan yang sama.

Balon Dpaat Dibentuk Menyerupai Ikon Pariwisata Indonesia, Candi Borobudur pada Event IBAF 2018

Di event ini, pengunjung cukup membayar Rp20.000 untuk weekday. Sementara untuk weekend dikenakan biaya Rp30.000. Dengan biaya itu, pengunjung dapat menikmati pengalaman seru dengan dekorasi balon yang spektakuler, dimulai dengan petualangan di Baloon Labyrinth, kemudian bisa pula meng-explore 4 zona daerah Indonesia yakni Nias, Maluku, Bali dan Yogyakarta.

Para pengunjung juga berkesempatan mengikuti kegiatan menarik seperti ‘Adopt your (Animal) Balloon’ di Ballon Art Activity Corner . Pada area tersebut, anak-anak juga akan diberikan kesempatan untuk memberi nama binatang yang terbuat dari balon dan mendapatkan sertifikasi adopsi. Selain itu, ada Face Painting, Photobooth dan workshop balon yang akan menambah keseruan menjelajahi IBAF 2018 ini.

You may also like

Leave a Comment