Home Lifestyle Keren, Pariwisata NTB Tawarkan Paket Wild West Sumbawa Cruise

Keren, Pariwisata NTB Tawarkan Paket Wild West Sumbawa Cruise

written by Admin June 26, 2018
Keren, Pariwisata NTB Tawarkan Paket Wild West Sumbawa Cruise

Terobosan demi terobosan terus digelontorkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuannya untuk mendongkrak pariwisata. Terbaru Pemprov NTB meresmikan paket wisata Wild West Sumbawa Cruise, pada hari Sabtu (23/6).

Mengusung konsep pentahelix, spirit Indonesia Incorporated benar diwujudkan. Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, paket tersebut merupakan hasil kerjasama Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa Barat, ASDP, dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTB.

“Paket ini merupakan inovasi untuk membuka aksesibilitas wisata. Terutama ke daerah yang selama ini sulit dijangkau pelancong. Sehingga, seluruh potensi pariwisata yang kita miliki bisa terangkat. Tidak hanya terpusat di Lombok saja,” ujar Faozal, Minggu (24/6).

Prospek cerah dipertunjukkan paket Wild West Sumbawa Cruise. Hal ini terlihat dengan membludaknya peserta pelayaran perdana paket tersebut. Ratusan wisatawan diberangkatkan dari Kota Mataram menggunakan bus ke Pelabuhan Kayangan.

Setelah itu rombongan diberangkatkan menuju Pulau Kenawa menggunakan Lombok Cruise. Sebuah kapal ferry yang disulap menjadi kapal wisata. Sehingga memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

“Dengan kapal tersebut, wisatawan kemudian diajak keliling menikmati 8 gili yang ada di kawasan tersebut. Gili Balu, Pulau Paserang, Pulau Kenawa, Pulau Namo, Pulau Kalong, Pulau Batu Besar dan Pulau Batu Kecil, Pulau Kambing, Pulau Pasir, dan Pulau Ular. Semua bisa dinikmati dari atas kapal,” kata Faozal.

Sekretaris Daerah NTB Rosiady Sayuti, menyambut positif kehadiran paket Wild West Sumbawa Cruise. Rosiady menilai, paket wisata ini menawarkan pengalaman berbeda bagi para pelancong, khususnya bagi para wisatawan mancanegara.

Untuk mendukung program Wild West Sumbawa Cruise, Pemprov NTB dan KSB harus membuat program nyata. Salah satunya dengan menggratiskan turis datang ke lokasi tersebut.

Rosiady menilai langkah itu lebih efektif dibandingkan promosi dengan biaya besar.

ā€¯Minimal memperkenalkan agar lebih banyak orang yang tahu dan datang ke sini,” ujarnya di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, NTB.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat Musyafirin mengatakan, Pemkab Sumbawa Barat akan melakukan sejumlah pembenahan terkait sarana dan prasarana di Pulau Kenawa.

“Wild West Sumbawa Cruise akan menjadi awal kebangkitan wisata Sumbawa,” kata Musyafirin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, NTB memiliki begitu banyak pulau kecil atau gili yang seksi. Semua pulau-pulaunya sangat eksotis. Sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, tiga dari sekian banyak gili yang ada Pulau Lombok.

“Tak hanya di Lombok, keberadaan pulau kecil nan eksotis juga terdapat di Pulau Sumbawa yang sayang untuk dilewatkan. Seperti Pulau Kenawa. Ini yang harus juga ikut dikembangkan,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar mengatakan Pulau Kenawa bisa menjadi alternatif tujuan wisata baru di NTB. Bahkan bisa menjadi ikon pariwisata Sumbawa.

“Terobosan-terobosan seperti ini merupakan langkah strategis untuk mengangkat destinasi lain di NTB. Ini sangat bagus. Maju terus pariwisata NTB. Salam Pesona Indonesia,” ujar Menpar Arief Yahya.

You may also like

Leave a Comment