Home Lifestyle Inilah Keuntungan Penggunaan Aplikasi Safe Travel

Inilah Keuntungan Penggunaan Aplikasi Safe Travel

written by Admin April 21, 2018
Inilah Keuntungan Penggunaan Aplikasi Safe Travel

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terus berupaya memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia yang sedang berada di luar negeri. Salah satunya melalui aplikasi berbasis informasi teknologi, diberi nama Safe Travel. Inovasi itu sengaja diluncurkan, agar setiap warga negara yang sedang bepergian ke luar negeri, bisa mendapatkan informasi terkini terkait negara yang dikunjungi.

“Jika terjadi sesuatu di negara yang sedang dituju, akan ada informasi yang masuk melalui aplikasi tersebut, sebagai peringatan dini untuk mereka yang sedang bepergian,” sebut Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi saat memberikan ceramah di depan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 57 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Jumat (20/4).

Dengan adanya peringatan dini tersebut, melalui aplikasi multi platform ini, Kemlu juga akan memberikan informasi kepada pengguna aplikasi, kemana harus meminta pertolongan jika terjadi keadaan darurat.

“Ini adalah inovasi perlindungan WNI zaman now,” imbuh Retno.

Informasi yang diberikan meliputi informasi berbagai negara di dunia, kontak perwakilan RI termasuk hukum dan tata aturan yang berlaku di masing-masing negara. Juga informasi mengenai mata uang  setempat, tempat ibadah, lokasi wisata, maupun informasi kuliner.

Yang paling utama, melalui fitur tombol darurat (panic button), WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur ini untuk mengirim foto dan merekam video, guna menghubungi Perwakilan RI terdekat dan mengirim lokasi kejadian. Sehingga akan membuat WNI lebih aman.

Sebelumnya dikabarkan, aplikasi ini secara resmi diluncurkan Sabtu, 14 April 2018 pekan lalu, dan langsung mendapat response positif oleh para pengguna telepon pintar. Disebutkan Retno, Safe Travel dibuat karena negara ingin hadir untuk melindungi semua WNI.

“Sekarang negara hadir dalam genggaman,” ujar Menlu.

You may also like

Leave a Comment