Home Lifestyle Tingkatkan Standar Kualitas Hospitality Mitra, Airy Room Selenggarakan Workshop Airy Academy #BersamaAkomodasiLokal

Tingkatkan Standar Kualitas Hospitality Mitra, Airy Room Selenggarakan Workshop Airy Academy #BersamaAkomodasiLokal

written by Admin March 29, 2018
Tingkatkan Standar Kualitas Hospitality Mitra, Airy Room Selenggarakan Workshop Airy Academy #BersamaAkomodasiLokal

Besarnya potensi pasar akomodasi di Indonesia mendorong menjamurnya akomodasi lokal independen. Pendorong utamanya adalah permintaan dan kebutuhan pada hotel budget yang dinilai menjadi salah satu solusi para business dan budget travelers.

Namun, hotel budget dan akomodasi lokal
independen dinilai masih memiliki kesulitan dalam menetapkan standar kualitas yang bersaing dengan industri hospitality dengan standar tinggi.
Untuk terus bersaing di pasar lokal, domestik, hingga global, para penyedia akomodasi independen harus terus meningkatkan produktivitasnya dalam menyediakan akomodasi dengan fasilitas dan pelayanan maksimal namun dengan harga terjangkau.

Airy Rooms, sebuah jaringan hotel budget berbasis teknologi terbesar dan terpercaya di Indonesia, memiliki visi untuk mendukung perkembangan akomodasi lokal di Indonesia. Mengelola lebih dari belasan ribu kamar dari ribuan mitra-mitra hotel independen yang berkualitas dengan harga terjangkau, Airy dengan kampanye #BersamaAkomodasiLokal melakukan berbagai upaya termasuk mengadakan workshop dan pelatihan untuk hotel-hotel independen untuk mengembangkan usaha dan potensi industri akomodasi lokal.

Airy Academy yang merupakan bagian dari kampanye #BersamaAkomodasiLokal, dilaksanakan oleh Airy sejak akhir tahun 2017 lalu dengan mengadakan roadshow untuk perwakilan akomodasi di beberapa kota. Terdiri
dari sejumlah rangkaian acara dan aktivitas, akomodasi mitra Airy mendapatkan wawasan serta pelatihan secara langsung dari fasilitator berpengalaman di dunia Hospitality melalui Airy Academy.

Berangkat dari visi ini, Airy menjadi jaringan hotel budget pertama di Indonesia yang mengadakan roadshow pelatihan dan sertifikasi untuk memberdayakan akomodasi lokal independen di tengah perkembangan teknologi dengan workshop yang diinisiasi untuk perwakilan akomodasi di beberapa kota di tanah air.

“Hal ini patut dijadikan contoh dan pendorong bagi pelaku bisnis perhotelan lokal lainnya di tanah air. Sudah
saatnya kita meningkatkan kualitas akomodasi lokal sehingga mampu bersaing dengan penyedia akomodasi yang datang dari luar negri. Terutama dengan meningkatnya jumlah akomodasi lokal di lima tahun terakhir, akomodasi lokal harus membenahi diri lebih baik lagi sehingga para tamu mendapat layanan yang membuat mereka ingin kembali lagi,” ujar Dadang Rizki Ratman selaku Deputi Bidang Pengembangan Destinasi
Pariwisata Kementerian Pariwisata.

Akhir tahun lalu Airy menyambangi kota Medan dan Yogyakarta untuk membantu ratusan pengelola akomodasi mengatur strategi bisnis mereka dalam menghadapi era digital. Mengangkat tema ‘Strategi Bisnis dalam
Mengoptimalkan Okupansi dan Keuntungan Akomodasi di Era Digital’, Airy menyajikan topik yang beragam, mulai dari pembahasan mengenai bagaimana perkembangan aktivitas online berdampak pada pola pembelian hotel masyarakat hingga bagaimana strategi penyikapan yang dapat dilakukan.

Tahun ini, Airy melatih 258 sumber daya manusia (SDM) di bidang hospitality dari sekitar 100 properti mitra Airy melalui Airy Academy untuk dibekali pengetahuan dan kompetensi di bidang hospitality sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan SDM di bidang pariwisata, khususnya akomodasi, agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi semua pihak. Terdiri
dari sejumlah rangkaian acara dan aktivitas, hotel mitra Airy mendapatkan wawasan serta pelatihan secara langsung dari fasilitator berpengalaman di dunia Hospitality melalui Airy Academy.

Tak hanya penyampaian materi dalam workshop, focus group discussion (FGD) juga diadakan untuk membahas lebih mendalam dengan perwakilan Airy yang kompeten di bidang topik masing-masing. Sesi praktik juga diadakan langsung untuk pembekalan sesuai dengan lingkup pekerjaan masing-masing peserta.

Para peserta housekeeping mendapat pembekalan bagaimana cara membersihkan kamar dan tempat tidur dengan baik, dan para personil front office juga mendapatkan pelatihan berupa simulasi cara menerima tamu dengan baik, menanggapi dan menangani keluhan tamu, serta melakukan proses check-in dan check-out dengan benar.

Sesi diakhiri dengan tes tertulis untuk memastikan semua materi diterima dengan baik oleh para peserta, dan ditutup dengan penyerahan sertifikat keikutsertaan Airy Academy.

“Airy Academy roadshow ini menjadi momentum bagi Airy untuk mendukung para pemilik akomodasi lokal di seluruh pelosok negeri. Kami berharap dapat mampu memberikan kontribusi yang lebih bagi kemajuan perkembangan akomodasi lokal di Indonesia dengan memberikan yang terbaik bagi para pelanggan, yaitu
dengan menyajikan akomodasi yang terjangkau diiringi oleh layanan yang terpercaya, aman, dan dikelola dengan baik,” jelas Adya Danaditya selaku Product Marketing Manager, Airy Rooms.

Kota-kota lainnya yang dikunjungi adalah Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, dan serangkaian perjalanan roadshow Airy Academy ditutup dengan pelatihan di Jakarta, pada 22 Maret yang lalu di Sofyan Inn Soepomo Jakarta.

“Kami sangat bangga menjadi salah satu mitra dari Airy yang secara konsisten membantu mengelola hingga mengaudit setiap mitranya dan menjamin pencapaian tingkat kepuasan konsumen yang tinggi. Program kemitraan Airy juga dikelola dengan baik karena Airy secara nyata berkomitmen untuk meningkatkan kualitas
mitra hotelnya melalui pelatihan secara regular, audit, hingga roadshow pelatihan Airy Academy yang baru-baru ini dilaksanakan,” ungkap Ng Tjien Kong, pemilik dari sebuah Guest House mitra Airy di kawasan Jakarta Barat.

“Semenjak bekerjasama dengan Airy, hotel kami menjadi semakin dikenal dan meningkatkan okupansi kami secara signifikan. Karena selain selalu mengelola dengan baik setiap mitranya, Airy juga memberikan berbagai strategi pemasaran yang efektif dengan mengoptimalkan akomodasi yang kami miliki,” kata Stefanie, pemilik dari sebuah hotel bintang tiga yang sudah 6 bulan terakhir ini menjadi mitra Airy Rooms.

You may also like

Leave a Comment