Home MancanegaraFinland Ternyata di Eropa Ada Sebuah Negara Bernama Suomi

Ternyata di Eropa Ada Sebuah Negara Bernama Suomi

written by Admin March 5, 2018
Ternyata di Eropa Ada Sebuah Negara Bernama Suomi

Mungkin naman Suomi terdengar asing, tapi nyatanya, ini adalah nama suatu negara di Eropa sana. Dilansir BBC Travel, Senin (5/3), selama berabad-abad, ternyata Finlandia disebut Suomi oleh warganya, dan penyebutan itu masih bertahan hingga kini.

Olahraga hoki es adalah salah satu dan paling populer di negara Eropa utara, termasuk Finlandia. Jika travelers pernah melihat dan memperhatikan, di dada jersey pemain Finlandia ditulis kata ‘Suomi’.

Krista Fransman, seorang warga lokal Helsinki, menjelaskan bahwa nama Finlandia dalam alfabetnya tidak mengandung huruf ‘f’. Dalam salah satu teori, nama ‘Finland‘ berasal dari kata bahasa Inggris kuno finna, istilah umum yang pernah digunakan untuk menggambarkan orang-orang dari Skandinavia.

Namun, beberapa sejarawan percaya bahwa asal-usulnya sebenarnya berasal dari Swedia. Kata-kata finlonti dan finlandi diyakini telah digunakan pada awal abad ke-12 untuk menggambarkan tanah yang sekarang merupakan bagian selatan-barat Finlandia modern.

Sejak abad pertengahan dan berlangsung selama berabad-abad, orang Finlandia menyebut negara mereka sendiri sebagai ‘Suomi’. Pada tahun 2017, Finlandia merayakan ulang tahun ke-100 kemerdekaannya, dan dalam pameran The Story of Finland diceritakan transisi negara tersebut ke sebuah negara otonom.

Dari tahun 1809 sampai 1917 Finlandia ada di bawah Kekaisaran Rusia. Sebelum itu, Swedia menguasainya selama hampir 700 tahun dan Revolusi Rusia membuka jalan bagi bangsa Finlandia untuk mengumumkan kemerdekaan mereka.

“Tidak ada pengetahuan pasti tentang asal mula sebenarnya dari nama ‘Suomi’. Satu teori adalah bahwa Suomi berasal dari kata ‘suomaa‘ yang berarti ‘lahan rawa’ dalam bahasa Finlandia,” kata kurator Museum Nasional Finlandia, Satu Frondelius.

“Bagian selatan-barat negara Finlandia adalah rumah bagi danau. Teori lain adalah bahwa kata itu berasal dari ‘suomu‘, yang berarti ‘skala’ atau ikan, menunjukkan bahwa orang-orang di Finlandia mengenakan pakaian yang terbuat dari kulit ikan,” imbuh Satu

Teori ketiga, di Laplandia Finlandia ada Suku Sami, suku tradisional dan penggembala rusa kutub. Menurut Klaas Ruppel, pakar etimologi di Institute for the Languages of Finland, beberapa ahli bahasa percaya bahwa ‘Sami‘ dan ‘Suomi‘ berasal dari kata-kata Baltik yang digunakan untuk merujuk pada wilayah dan orang-orang yang tinggal di tanah itu.

Di musim dingin, Laplandia adalah lemari es raksasa yang sangat dingin karena semuanya tertutup salju, beku dan suhu Arktik yang ekstrem. Ada penggembala rusa generasi keenam, Juha Kujala dan anaknya Oskari.

Tinggal di peternakan keluarga mereka di dekat Ruka, lebih dari 800 kilometer utara Helsinki, mereka baru benar-benar hanya memiliki Finlanadia selama 100 tahun terakhir karena sebelumnya dipengaruhi oleh Swedia dan Rusia. Mereka merayakan dirinya sebagai Suomi atau Finlandia.

Yang harus diingat bahwa sejarah Finlandia juga merupakan sejarah Swedia dan sejarah Rusia. Bahasa Finlandia adalah ‘Suomi’ merupakan kata untuk ‘Finlandia’ dalam bahasa Finlandia. Namun, Finnish atau Suomi, adalah menjadi orang Finlandia yang menghargai ketenangan, ruang, dan sifat di sekitarnya.

You may also like

Leave a Comment