Home Lifestyle Ajang Sport Tourism Geo-Bike Caldera Toba #4 Siap Digelar

Ajang Sport Tourism Geo-Bike Caldera Toba #4 Siap Digelar

written by Admin March 1, 2018
Ajang Sport Tourism Geo-Bike Caldera Toba #4 Siap Digelar

Rumah Karya Indonesia (RKI) dan Jendela Toba akan kembali menggelar Geobike Caldera Toba # 4. Kegiatan itu akan berlangsung pada tanggal 13-15 April 2018. Tagline tahun ini adalah ‘Bersepeda di Dinding Caldera Supervolcano‘.

Marketing Manager RKI, Hanna Pagiet menjelaskan, kegiatan ini adalah bagian dari kampanye untuk mengangkat potensi pariwisata Caldera Toba yang mengacu pada konsep sadar wisata berbasis ekokultural.

“Mengapa kami bilang pariwisata berbasis ekokultural, karena para peserta tidak hanya disuguhkan view eksotis Danau Toba, namun juga dikenalkan dengan spot-spot yang ada kaitannya dengan jejak geologis di Kawasan Danau Toba (KDT),” ujar Hanna, Kamis (1/3).

Lebih lanjut Hanna menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, konsep geobike adalah fun bike. Selama dalam perjalanan peserta akan dikenalkan spot-spot geosite yang meliputi geodiversity, biodiversity, culturdiversity. Itu adalah sosialisasi kami mendukung program Geopark Kaldera Toba, tambahnya.

Salah satunya peserta akan diajak memasuki perkebunan kopi khas Lintong Ni Huta, Kabupaten Humbang Hasundutan. Sambil melepas lelah, peserta akan duduk bersantai, meneguk kopi khas rasa alam Sumatera Utara.

Sedangkan dari sisi budaya, peserta akan disuguhi pertunjukan seni dan budaya mulai dari pembukaan di Humbang Hasundutan. Kemudian malam budaya di Samosir dan penutupan Kota Siantar.

Adapun rute untuk tahun adalah Silangit-Dolok Sanggul-Bakkara-Onanrunggu-Tutuk-Tigaras-Sidamanik-Siantar dengan total jarak tempuh 135 km.

“Silahkan siapa yang ingin menikmati Kawasan Danau Toba (KDT) secara utuh, mari ramaikan kegiatan ini. Sudah waktunya kemasan wisata dibalut dengan nilai-nilai edukasi, ekologi dan budaya,” ajak Hanna.

You may also like

Leave a Comment