Home Lifestyle Inilah 10 Bahasa Terbanyak Digunakan di Dunia Versi World Economic Forum

Inilah 10 Bahasa Terbanyak Digunakan di Dunia Versi World Economic Forum

written by Admin February 28, 2018
Inilah 10 Bahasa Terbanyak Digunakan di Dunia Versi World Economic Forum

Sebuah riset dilakukan untuk menilai, bahasa apa saja yang paling banyak digunakan di dunia, riset ini dilakukan oleh World Economic Forum.

World Economic Forum, sebuah badan penelitian swasta paling terkenal di dunia pernah mengeluarkan data dari Statista. Statista merupakan suatu lembaga penelitian dan survei dari Jerman. Dilihat dari website resmi World Economic Forum, pada Selasa (27/2) ditampilkan 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Meskipun umumnya bahasa Inggris menjadi yang paling umum dan dikenal, nyatanya posisi pertama diduduki oleh bahasa China. Ini dibuktikan dengan jumlah 1,284 miliar orang yang berbicara bahasa China di seluruh dunia setiap harinya. Selain itu, bahasa China memiliki banyak varian bahasa seperti Mandarin, Pu-Xian, Kanton dan lainnya.

Posisi kedua, diduduki oleh bahasa Spanyol. Tercatat, sebanyak 437 juta orang yang menggunakannya di seluruh dunia. Baru kemudian, bahasa Inggris yang digunakan oleh 372 juta orang.

Di posisi 9, diduduki oleh bahasa khas negeri Sakura atau Jepang dengan banyak 128 juta orang pengguna. Kemudian, baru disusul bahasa Lahnda (di kawasan India dan sekitarnya) yang digunakan 119 juta orang.
Yang menjadi pertanyaan besar adalah, kenapa World Economic Forum tidak memasukan bahasa Indonesia atau Melayu. Padahal dengan jumlah penduduk Indonesia dan Malaysia, jumlah itu bisa saja masuk di peringkat 6 atau 5.

Berikut selengkapnya 10 bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di dunia :

1. China: 1,284 miliar
2. Spanyol: 437 juta
3. Inggris: 372 juta
4. Arab: 295 juta
5. India: 260 juta
6. Bengali: 242 juta
7. Portugis: 219 juta
8. Rusia: 154 jutajuta
9. Jepang: 128 juta
10. Lahnda: 119 juta

You may also like

Leave a Comment