Hong Kong merupakan salah satu destinasi wisata luar negeri yang menjadi favorit wisatawan asal Indonesia. Baca tips berikut untuk mengetahui kapan saja waktu terbaik untuk mengunjungi Hong Kong.

Selain Hong Kong Disneyland, kota ini juga memiliki deretan destinasi wisata menarik lainnya seperti Ocean Park Hong Kong, The Peak, Symphony of Lights, Sky 100 Hong Kong Observation Desk, Madame Tussauds Waz Museum, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, agar pengalaman liburan ke Hong Kong semakin menyenangkan, Anda tentu perlu menentukan waktu yang tepat untuk berkunjung. Sebab, Hong Kong memiliki kondisi cuaca dan budaya yang berbeda dengan Indonesia. Dengan mengetahui kapan waktu terbaik ke Hong Kong, nantinya Anda dapat menikmati Hong Kong secara maksimal dan tidak ketinggalan dengan event-event yang sedang diselenggarakan di sana.

1. Atas Pertimbangan Cuaca

Pertimbangan Cuaca

Berbeda dengan Indonesia yang memiliki iklim tropis, Hong Kong memiliki iklim sub tropis dengan perkiraan cuaca yang lebih variatif. Karenanya, ada baiknya jika Anda memperhatikan keadaan cuaca di Hong Kong sebelum menentukan waktu kunjungan dan pemesanan tiket pesawat ke sana.

Musim panas di Hong Kong diwarnai dengan keadaan cuaca yang panas dan lembab, sedangkan musim dinginnya sejuk dan kering. Oktober sampai November merupakan bulan-bulan terbaik untuk berlibur ke Hong Kong. Pada rentang waktu tersebut, udara terasa sejuk dan sinar matahari juga tidak terlalu terik sehingga sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan seperti jalan-jalan atau berpiknik di taman.

Selain Oktober sampai November, Maret sampai April juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke Hong Kong. Pada waktu ini, Hong Kong sedang mengalami musim semi sehingga suhu udara akan terasa lebih hangat dan banyak bunga-bunga cantik yang bermekaran di taman dan sudut-sudut kota.

Mei sampai September merupakan bulan-bulan saat Hong Kong sering mengalami hujan lebat yang disertai angin topan. Di samping itu, keadaan cuaca di kota ini juga cenderung sangat panas, basah, dan juga lembab, sehingga kurang nyaman untuk melakukan aktivitas di luar ruangan. Bulan Desember sampai Februari juga merupakan bulan-bulan yang kurang disarankan untuk berkunjung ke Hong Kong. Pada periode waktu ini, langit sering diselimuti mendung dan suhu udaranya juga sangat dingin, bahkan bisa turun hingga di bawah 10 derajat Celcius.

2. Atas Pertimbangan Event

Pertimbangan Event

Selain cuaca, berbagai event atau festival yang diselenggarakan di Hong Kong juga bisa menjadi pertimbangan lain sebelum berkunjung. Sebab, sebagai salah satu kesatuan dari wilayah China, Hong Hong juga merupakan kota yang kaya akan budaya.

Februari sampai April merupakan periode waktu saat ada banyak festival-festival menarik yang diselenggarakan di Hong Kong. Salah satunya yang selalu menarik perhatian para wisatawan adalah Festival Bela Diri. Dalam festival tersebut, Anda dapat menyaksikan atraksi bela diri tradisional Hong Kong dan bela diri dari negara-negara lain yang juga tak kalah menarik. Masih dalam rentang bulan yang sama, Anda pun bisa menghadiri Festival Buku yang biasanya mengundang para penulis ternama. Bagi Anda pecinta film, khususnya film mandarin, ada juga Festival Film Internasional Hong Kong yang biasanya diadakan selama tingga minggu dari akhir Maret hingga awal April.

Satu lagi festival yang juga tak kalah meriah adalah Festival Tahun Baru China atau yang lebih dikenal dengan Tahun Baru Imlek. Pada waktu ini, jalanan kota Hong Kong akan dihiasi dengan lampion-lampion merah yang dipasang sebagai makna keberuntungan dan banyak festival kembang api yang diadakan untuk menyambut tahun baru.

enter image description here

Perayaan Natal dan Tahun Baru Masehi di Hong Kong juga berlangsung meriah. Pertokoan dan tempat-tempat umum di Hong Kong akan terlihat cantik dengan aneka dekorasi khas Natal. Namun, karena merupakan waktu peak season, tiket pesawat ke Hong Kong untuk penerbangan pada bulan Desember umumnya akan relatif lebih mahal.

Bulan September juga bisa menjadi waktu terbaik ke Hong Kong. Pada bulan ini, ada beberapa festival pertengahan musim gugur yang sedang diselenggarakan, seperti Festival Kelahiran Tin Hau yang diadakan pada hari ke 23 bulan ke 3 tahun Lunar, Festival Cheung Chau Bun yang diadakan pada bulan ke 4 tahun Lunar, serta Festival Kelahiran Sidhartha Gautama yang diadakan pada hari ke 8 bulan 4 tahun Lunar