Home Lifestyle Ditjen Perhubungan Udara Dukung Pembangunan Tol Udara di Selatan Pulau Jawa

Ditjen Perhubungan Udara Dukung Pembangunan Tol Udara di Selatan Pulau Jawa

written by Admin January 28, 2018

Wilayah selatan Pulau Jawa yang membentang dari Pandeglang – Banten hingga Banyuwangi- Jawa Timur sesungguhnya mempunyai potensi yang sangat besar, baik dari sisi pariwisata, jumlah penduduk dan bidang perekonomian lainnya.

Jumlah penduduk di wilayah yang membentang dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur ini mencapai 40 persen dari keseluruhan jumlah penduduk pulau Jawa. Sedangkan Produk domestik regional bruto (PDRB) daerah selatan ini menyumbang sekitar 25 persen dari PDRB Pulau Jawa.

Namun demikian potensi-potensi di wilayah tersebut hingga saat ini belum bisa dikembangkan secara optimal karena konektivitas transportasi yang masih kurang. Untuk itulah Ditjen Perhubungan Udara akan menginisiasi pembangunan konektivitas transportasi di wilayah selatan Jawa tersebut dengan pembangunan jalur udara selatan Jawa.

Konektivitas tersebut akan ditumbuhkan dengan pembangunan tol udara yang terdiri dari bandar udara dan ruang udara serta navigasi penerbangan di wilayah tersebut.

Dalam acara Media Workshop yang mengambil tema Optimalisasi Jalur (Udara) Selatan Jawa Guna Meningkatkan Perekonomian Ekonomi di Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya hari ini, Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agoes Soebagio yang mewakili Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menyatakan bahwa pengembangan bandara beserta navigasi penerbangannya tersebut akan mengacu pada tatanan kebandarudaraan nasional yang tertuang dalam UU no. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan.

“Untuk pengembangan tol udara tersebut, kami akan bekerjasama dengan AirNav sebagai penyelenggara navigasi penerbangan, TNI AU yang saat ini memiliki beberapa pangkalan udara di wilayah selatan Jawa serta Pemerintah Daerah setempat,” ujar Agoes.

You may also like

Leave a Comment