Home Lifestyle Kenapa Mayoritas Pesawat Terbang Berwarna Dasar Putih? Ini Jawabannya

Kenapa Mayoritas Pesawat Terbang Berwarna Dasar Putih? Ini Jawabannya

written by Admin January 26, 2018
Kenapa Mayoritas Pesawat Terbang Berwarna Dasar Putih? Ini Jawabannya

Ada ratusan maskapai di dunia, akan tetapi mayoritas pesawat yang mereka miliki warnanya putih. Ternyata hal itu ada maksudnya. Coba diperhatikan, kebanyakan pesawat komersil itu berwarna putih. Pembedanya nanti ada pada logo dan nama maskapai. Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (26/1) ternyata ada beberapa alasannya.

Salah satunya adalah masalah suhu. Warna putih dapat merefleksikan cahaya dan panas. Sehingga, pesawat tidak menyerap cahaya terlalu banyak dan lebih mudah didinginkan saat mendarat.

Alasan berikutnya, warna putih memudahkan teknisi mendeteksi kerusakan. Karat atau korosi serta kebocoran akan lebih mudah terlihat kalau badan pesawat warnanya putih.

Baret, lecet, goresan, sayatan atau kerusakan lain juga mudah terlihat pada permukaan yang putih. Saat pesawat kecelakaan, misalnya jatuh ke laut, badan pesawat akan mudah terlihat oleh tims SAR kalau warnanya putih.

Ini juga berguna dalam jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, pesawat yang lebih berwarna akan lebih cepat pudar dibandingkan yang memiliki warna dasar putih.

Seperti yang diketahui, berbagai maskapai mayoritas memiliki ikon atau lambang dari aneka macam warna sebagai aksen. Ada pula garis dan pola berwarna. Namun, mayoritas badan pesawatnya tetap memiliki warna dasar putih. Hanya ada beberapa maskapai saja yang mewarnai seluruh badan pesawatnya.

You may also like

Leave a Comment