Home Lifestyle Percepat Adopsi Teknologi Penginapan Kecil & Menengah, OYO Hadirkan Fitur ‘360’ bagi Calon Mitra

Percepat Adopsi Teknologi Penginapan Kecil & Menengah, OYO Hadirkan Fitur ‘360’ bagi Calon Mitra

written by Admin June 16, 2022
Percepat Adopsi Teknologi Penginapan Kecil & Menengah, OYO Hadirkan Fitur ‘360’ bagi Calon Mitra

OYO sebagai travel-tech company terus menghadirkan layanan yang inovatif yang tidak hanya fokus pada pelanggan, namun juga kepada mitra properti (Patron OYO). Kali ini, OYO meluncurkan fitur terbarunya OYO 360 yang merupakan sistem onboard mandiri untuk para calon Patron. Inovasi yang didesain dengan kemampuan artificial intelligence (AI) ini memungkinkan pemilik properti untuk melakukan onboard mandiri yang serba digital dan hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menyelesaikan proses onboard, jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan proses onboard konvensional yang memerlukan waktu hingga 15 hari.

Fitur terbaru OYO ini juga merupakan respon terhadap pandemi yang menuntut akselerasi pemanfaatan teknologi di penginapan skala kecil dan menengah.

Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia menjelaskan, “Adopsi teknologi menjadi tumpuan bagi para pelaku bisnis properti kecil dan menengah untuk dapat mengarungi tantangan selama Covid-19. Menyadari hal tersebut, selama pandemi OYO pun konsisten terus menghadirkan inovasi teknologi yang membantu mitra penginapan untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan, terutama dalam aspek contactless dan standardisasi higienitas. Kedepan kami terus memperkuat integrasi teknologi di seluruh layanan kami dari hulu ke hilir termasuk dalam proses onboard melalui fitur OYO 360. Kami berharap akan lebih banyak lagi pemilik properti dan penginapan skala kecil dan menengah yang mampu mengembangkan bisnisnya dan menerapkan layanan pengelolaan akomodasi berbasis digital secara lebih efisien bersama OYO.”

Sebelum menghadirkan OYO 360, OYO telah membuktikan kemampuan beradaptasi luar biasa dalam merespon kebutuhan mitra dan pelanggannya selama pandemi, yang dimungkinkan karena kapabilitas teknologi perusahaan yang mumpuni. Hanya dalam beberapa bulan setelah pandemi melanda di Indonesia, perusahaan meluncurkan inisiatif Sanitized Stay, komitmen jangka panjang OYO dalam memastikan penerapan  protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out.

Tak lama kemudian, OYO pun memperkenalkan fitur check-in tanpa sentuhan di Indonesia guna merespon meningkatnya minat masyarakat akan layanan contactless. Tak hanya itu, di tengah keseharian masyarakat yang sudah tidak terpisahkan dengan teknologi, mitra OYO juga akan memiliki layanan yang terstandarisasi dan layanan chatbot otomatis untuk menyelesaikan pertanyaan konsumen dengan cepat, program loyalitas dan sistem pengembalian uang yang mudah jika diperlukan konsumen. Berkat faktor-faktor ini mayoritas konsumen OYO terus kembali menggunakan platform OYO dan lebih dari 80% konsumen baru menemukan tempat penginapan lokal melalui platform.

Kini dalam masa transisi pandemi menuju endemi, teknologi masih dan akan tetap terus memegang peran penting terhadap kebangkitan industri perhotelan di Indonesia. Seiring juga dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat secara signifikan, berdasarkan data We are social pada Januari 2022 terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia. Melalui fitur OYO 360 para pelaku industri perhotelan, terutama bagi ekosistem bisnis akomodasi dan penginapan kecil-menengah dapat mengadopsi teknologi digital yang andal dan terbaik dikelasnya berbasis modern seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning dan data science guna menyederhanakan serta meningkatkan efisiensi operasionalnya.

Sejak OYO 360 diluncurkan secara global telah mendapatkan tanggapan dan hasil yang positif. Sejak diluncurkan, OYO 360 telah menarik lebih dari 57 ribu pengunjung situs dan 2.500 pemilik properti di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama OYO. Berdasarkan data internal OYO, rata – rata mitra properti dan penginapan OYO secara global berhasil mendapatkan 80% permintaan pesanan secara digital, jika dibandingkan permintaan sebelum bergabung bersama platform OYO yang hanya sekitar 10-20%. Dengan OYO 360, kami membuka kesempatan bagi pemilik dan pengusaha akomodasi yang ada di Indonesia untuk mendaftarkan diri secara langsung dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk bergabung dalam jaringan OYO.

Untuk registrasi OYO 360, pemilik properti dan penginapan dapat langsung mengunjungi website – OYO360 dan klik tombol ‘Join OYO’ serta melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti  detail dasar properti (jumlah dan kategori kamar), gambar properti, fasilitas properti dan satu (1) ID Legal. Selanjutnya, pemilik properti sudah terdaftar di aplikasi OYO akan dilanjutkan oleh verifikasi dan validasi lebih detail oleh tim internal OYO.

Fitur OYO 360 melengkapi keunggulan teknologi yang OYO hadirkan bagi mitranya. Sebelumnya, mitra properti yang bergabung bersama OYO telah menikmati OYO OS sebagai sistem manajemen akomodasi yang membantu mitra properti mengelola penginapannya dengan lebih efisien dan Co-OYO aplikasi yang memudahkan mitra akomodasi dan penginapan OYO untuk mengelola performa bisnis secara digital.

“Dengan perkembangan teknologi yang semakin masif dan tren penggunaan internet yang selalu meningkat, kami optimis OYO 360 ini merupakan strategi yang tepat untuk terus memperluas jaringan OYO sekaligus menjawab tantangan adopsi layanan digital di industri perhotelan. Kedepannya, dengan inovasi layanan yang OYO hadirkan diharapkan dapat semakin membuka peluang yang besar bagi para pelaku bisnis properti dan penginapan kecil-menengah untuk menjangkau konsumen lewat teknologi digital.” tutup Agus.

You may also like

Leave a Comment