Home Mancanegara Mau Kunjungi Selandia Baru, Tanda Tangani Dulu Kiwipledge Anda

Mau Kunjungi Selandia Baru, Tanda Tangani Dulu Kiwipledge Anda

written by Admin January 10, 2018
Mau Kunjungi Selandia Baru, Tanda Tangani Dulu Kiwipledge Anda

Tentu menyenangkan bila sebagai warga setempat mendapat kunjungan dari wisatawan yang ramah, beretika dan disiplin serta memiliki kesadaran serta tanggung jawab menjaga destinasi wisata yang dituju. Demi mewujudkannya wisatawan yang mau wisata ke Selandia pun diminta berjanji untuk bersikap baik. Perusahaan pariwisata Selandia Baru, Tourism Holdings Limited (THL) berencana mengajak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Selandia Baru untuk berperilaku baik selama berwisata di negara ini.

Dikutip dari NZ Herald, Rabu (10/1),  THL akan membuat semacam perjanjian yang disebut sebagai Kiwipledge. Jadi wisatawan yang berkunjung akan diminta menandatangani perjanjian untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab selama waktu berwisata di sana.

Ada sejumlah poin dalam perjanjian tersebut, seperti menghargai dan menghormati berbagai tempat yang didatangi, menjadi wisatawan yang akan mencari teman baru dan hanya membawa pulang kenangan, berhati-hati di jalanan dan hanya parkir di tempat yang telah ditentukan. Untuk yang mau kemping juga diminta berjanji untuk tidak buang air di sembarang tempat. Selain itu, kalau mau foto-foto harus hati-hati, jangan sampai rela membahayakan diri hanya untuk mendapatkan foto yang bagus.

Nah, wisatawan akan diminta menandatangani perjanjian ini lewat situs perusahaan THL. Nantinya akan ada peluncuran sebuah laman dari situs THL. Kiwipledge kini tengah didesain sedemikian rupa, dan THL pun mengajak semua aspek industri pariwisata untuk bekerjasama mendukung konsep ini.

Seperti diberitakan News Australia, ide membuat perjanjian ini terinspirasi dari inisiatif Visit Iceland. Sebelumnya juga telah banyak laporan mengenai wisatawan yang tidak bertanggung jawab. Termasuk wisatawan yang kedapatan buang air besar sembarangan di tempat umum!

THL sendiri tidak mengambil keuntungan komersial dari adanya Kiwipledge. Perusahaan pariwisata ini berharap semua wisatawan yang akan ke Selandia Baru melihat dan berkomitmen untuk menepati Kiwipledge. Demi terwujudnya pariwisata yang lebih baik, serta meningkatkan kesadaran untuk selalu berprilaku sesuai norma, meskipun bagi yang melanggar Kiwipledge tidak ada sanksi yang diberikan.

THL ingin menerapkan konsep berbeda, dengan melakukan pendekatan berbasis nilai untuk menunjukkan harapan kepada wisatawan dan mengarahkan ke arah positif. Kiwipledge ini nantinya bisa menjadi alat untuk menuntun wisatawan dan mengingatkan bagaimana untuk bersikap.

You may also like

Leave a Comment