Home Mancanegara Yummy, Inilah Tradisi Barbekyu dari Berbagai Negara di Dunia

Yummy, Inilah Tradisi Barbekyu dari Berbagai Negara di Dunia

written by Admin January 2, 2018
Yummy, Inilah Tradisi Barbekyu dari Berbagai Negara di Dunia

Perayaan tahun baru di Indonesia, identik dirayakan dengan pesta panggang makanan atau pesta barbekyu. Teknik memasak kuno ini memang sangat dikenal oleh seluruh dunia, ketika memanggang di atas besi dengan asap yang membuat matang daging atau sayur.

Wangi asap dan bumbu ini yang membuat makanan semakin nikmat. Apalagi jika disantap bersama keluarga besar. Dan proses pembuatannya pun bisa semakin mengakrabkan suasana. Berikut adalah masakan barbekyu yang jadi tradisi kuliner di belahan dunia lain.

1. Indonesia, Malaysia, Singapura

Negara serumpun ini memiliki makanan terkenal dengan teknik barbekyu yakni ikan bakar, ayam bakar, dan sate atau satay. Sebagai pendamping daging biasanya selalu ada saus berupa bumbu kacang yang sangat diandalkan guna menambah cita rasa. Umumnya ada banyak bumbu rempah yang digunakan untuk memarinasi daging barbekyu ala tiga negara serumpun ini.

2. Jepang

Makanan Jepang dengan teknik panggang sebenarnya sudah tidak asing di Indonesia. Contohnya Yakitori, Robotayaki, Yakiniku, dan Teppanyaki. Kecap Jepang menjadi andalan untuk makanan panggang ala Jepang.

3. Turki

Daging untuk kebab Turki.

Siapa yang tidak kenal kebab? Makanan panggang satu ini memang fenomenal dan dikenal oleh hampir seluruh dunia. Daging kambing dan mutton adalah protein paling populer di Timur Tegah. Disantap bersama roti datar dan sayuran segar.

4. Amerika Serikat

Khususnya negara bagian Texas terkenal dengan teknik masak daging barbekyu. Protein yang umumnya digunakan adalah sapi, ditemani dengan makanan pendamping kentang goreng, saus manis, dan segelas bir. Biasanya olahan daging panggang yang dinikmati terdiri dari beberapa jenis daging dan dicampur dalam 1 piring besar yang disebut Mixed Platter.

5. Amerika Selatan

Di Amerika Serikat terkenal dengan Asado yang artinya juga barbekyu. Negara di Amerika Selatan gemar membakar daging dalam jumlah fantastis.

Jadi panggangannya biasa berukuran besar. Asado menjadi salah satu tradisi yang sering ditemui di hajatan orang Amerika Selatan. Di beberapa negara, saus asado baisanya merupakan gabungan dari saus salsa, chimuchurri, dan bawang mentah.

6. Eropa

Negara di Eropa, khsusunya Eropa Barat seperti Swiss dan Jerman gemar membakar sosis dan sayuran. Untuk negara yang dekat laut, ikan juga menjadi salah satu protein yang bakar. Umumnya disantap dengan saus segar seperti lemon atau vinegar.

7. Selandia Baru dan negara di Polinesia

Daerah Selandia Baru, negara di Polinesia, termasuk beberapa daerah di Indonesia Timur memiliki teknik barbekyu yang berbeda. Mereka umumnya membungkus protein dan sayuran dengan daun atau alumunium foil, kemudian mengubur di tanah, dan membakar tanah yang ditaruh batu dan semak di atasnya.

Sistem panggang ini menyebabkan rasa barbekyu di negara negara yang terkenal eksotis ini unik dan bertektur lembut.

 

 

You may also like

Leave a Comment